TUGAS INDIVIDU
PENGANTAR BISNIS
INFORMATIKA#
"ARTIKEL PERUSAHAAN IT"
PENGANTAR BISNIS
INFORMATIKA#
"ARTIKEL PERUSAHAAN IT"
NOLDY FEBBY INALDO
58414005
4IA07
TAHUN AJARAN 2017 – 2018
PERUSAHAAN DETIK.COM
Detikcom (PT Agranet Multicitra Siberkom/Agrakom)
adalah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia.
Detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda
dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, Detikcom hanya mempunyai
edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu,
Detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news).
Sejak tanggal 3 Agustus 2011, detikcom menjadi bagian dari PT Trans
Corporation, salah satu anak perusahaan CT Corp.
Detikcom merupakan portal kepada situs-situs:
· blogDetik (blog.detik.com) Tempat pengakses mengisi info atau artikel, foto, video di
halaman blog pribadi
Sejarah Berdiri Situs Berita
Detik.com
Server
Detik.com sebenarnya sudah siap diakses pada 30 Mei 1998, namun mulai online
dengan sajian lengkap pada 9 Juli 1998. Tanggal 9 Juli itu akhirnya ditetapkan
sebagai hari lahir Detikcom yang didirikan Budiono Darsono (eks wartawan
DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan
Tempo), dan Didi Nugrahadi. Semula peliputan utama detikcom terfokus pada
berita politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Baru setelah situasi politik
mulai reda dan ekonomi mulai membaik, detikcom memutuskan untuk juga
melampirkan berita hiburan, dan olahraga.
Dari
situlah kemudian tercetus keinginan membentuk detikcom yang update-nya tidak
lagi menggunakan karakteristik media cetak yang harian, mingguan, bulanan. Yang
dijual detikcom adalah breaking news. Dengan bertumpu pada vivid description
macam ini detikcom melesat sebagai situs informasi digital paling populer di
kalangan users internet.
Detikcom
memiliki alat ukur yang sampai sejauh ini disepakati sebagai ukuran yang
mendekati seberapa besar potensi yang dimiliki sebuah situs. Ukuran itu adalah
page view (jumlah halaman yang diakses). Page view detikcom sekarang mencapai 3
juta per harinya. sekarang detik..com menempati posisi ke empat tetinggi dari
alexa.com untuk seluruh kontent di Indonesia.
Dan
Pada 3 Agustus 2011 Para Group mengakuisisi detikcom (PT Agranet Multicitra
Siberkom/Agrakom) . Mulai pada tanggal itulah secara resmi detikcom berada di
bawah Trans Corpora. Chairul Tanjung.
Tujuan
Tujuan
didirikannya detikcom ialah ingin menyajikan informasi yang ter-update
setiap jam, menit bahkan detik.
Visi-Misi
a. Visi Detik.com
⧭ Menjadi
tujuan utama orang Indonesia untuk mendapatkan konten dan layanan digital, baik
melalui internet maupun selular/ mobile.
b. Misi Detik.com
⧭Memiliki
komitmen tinggi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.
⧭Memberikan
kesejahteraan kepada karyawan dan menjadi tempat yang baik untuk berkarier.
⧭Memberikan
hasil optimal yang berkesinambungan bagi pemegang saham.
Koor
Bisnis
Detikcom
berada di bawah Trans Corpora. Chairul Tanjung, pemilik Para Group membeli
detikcom secara total (100 persen) dengan nilai US$60 juta atau Rp 521-540
miliar. Setelah diambilalih, maka selanjutnya jajaran direksi akan diisi oleh
pihak-pihak dari Trans Corpora — sebagai perpanjangan tangan Para Group di
ranah media. Dan komisaris Utama dijabat Jenderal (Purn) Bimantoro, mantan
Kapolri, yang saat ini juga menjabat sebagai Komisaris Utama Carrefour
Indonesia, yang juga dimiliki Chairul Tanjung. Sebelum diakuisisi oleh Para
Group, saham detikcom dimiliki oleh Agranet Tiger Investment dan Mitsui &
Co. Agranet memiliki 59% saham di Detik.com, dan sisanya dimiliki oleh Tiger
39%, dan Mitsui 2%.
Analisis Perkembangan dari Berdiri
Hingga Sekarang
Didorong
oleh semangat kewirausahaan dan teknologi, perusahaan ini tumbuh dengan cepat dimulai dari suatu kesederhanaan
menjadi sebuah situs berita yang lengkap
di tahun 2011. Melalui staf yang lebih dari 100 orang di ruang redaksi,
perusahaan ini berusaha menyajikan
berita secepat mungkin. Sekarang Detikcom mengakomodir berbagai laporan berita,
mulai dari politik, ekonomi, keuangan, bisnis dan pasar modal, hiburan dan
olahraga.
Pada
Juli 1998 situs detikcom per harinya menerima 30.000 hits (ukuran jumlah
pengunjung ke sebuah situs) dengan sekitar 2.500 user (pelanggan Internet).
Sembilan bulan kemudian, Maret 1999, hits per harinya naik tujuh kali lipat,
tepatnya rata-rata 214.000 hits per hari atau 6.420.000 hits per bulan dengan
32.000 user. Pada bulan Juni 1999, angka itu naik lagi menjadi 536.000 hits per
hari dengan user mencapai 40.000. Terakhir, hits detikcom mencapai 2,5 juta lebih
per harinya.
Selain
perhitungan hits, detikcom masih memiliki alat ukur lainnya yang sampai sejauh
ini disepakati sebagai ukuran yang mendekati seberapa besar potensi yang
dimiliki sebuah situs. Ukuran itu adalah page view (jumlah halaman yang diakses).
Page view detikcom sekarang mencapai 3 juta per harinya. sekarang detik.com
menempati posisi ke empat tertinggi dari alexa.com untuk seluruh kontent di
Indonesia
Di
usia yang ke enam tahun Detikcom terus mengembangkan diri untuk menyesuaikan perkembangan jaman dan
berkompetisi. Saat ini, content berita di
www.detik.com tidak hanya dinikmati lewat tulisan saja, melainkan bisa
melalui video (www.20.detik.com).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar