Label

Jumat, 06 Oktober 2017

Perusahaan yang bergerak di bidang IT

TUGAS INDIVIDU
PENGANTAR BISNIS
INFORMATIKA#


"ARTIKEL PERUSAHAAN IT"







NOLDY FEBBY INALDO
58414005
4IA07












TAHUN AJARAN 2017 – 2018
UNIVERSITAS GUNADARAMA



PERUSAHAAN DETIK.COM




Profil singkat
Detikcom (PT Agranet Multicitra Siberkom/Agrakom) adalah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. Detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, Detikcom hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, Detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news). Sejak tanggal 3 Agustus 2011, detikcom menjadi bagian dari PT Trans Corporation, salah satu anak perusahaan CT Corp.  






           
Detikcom merupakan portal kepada situs-situs:
·     detikNews (news.detik.com) Berisi informasi berita politik-peristiwa
·     detikFinance (finance.detik.com) Memuat berita ekonomi dan keuangan
·     detikFood (food.detik.com) Informasi tentang resep makanan dan kuliner
·     detikHot (hot.detik.com) Berisi info gosip artis/selebriti dan infotainment
·     detiki-Net (inet.detik.com) Memuat informasi teknologi informasi
·     detikSport (sport.detik.com) Berisi info olahraga termasuk sepak bola
·     detikHealth (health.detik.com) Memuat info dan artikel kesehatan
·     20detik (tv.detik.com/20detik/) Memuat original konten video mulai dari news sampai lifestyle
·     detikFoto (foto.detik.com) Memuat berita foto
·     detikOto (oto.detik.com) Memuat informasi mengenai otomotif
·     detikTravel (travel.detik.com) Memuat informasi tentang liburan dan pariwisata
·     detikEvent (event.detik.com) Memuat event-event yang diadakan dan kerjasama dengan Detikcom
·     detikForum (forum.detik.com) Tempat diskusi online antar komunitas pengguna Detikcom
·   blogDetik (blog.detik.com) Tempat pengakses mengisi info atau artikel, foto, video di halaman blog pribadi
·      Wolipop (wolipop.detik.com) Berisi informasi tentang wanita dan gaya hidup
·       Iklan Baris (iklanbaris.detik.com) Berisi Iklan yang langsung diisi konsumen
·       Pasangmata (pasangmata.detik.com) Informasi berita dari pengguna dan dimoderasi oleh Admin


Sejarah Berdiri Situs Berita Detik.com
Server Detik.com sebenarnya sudah siap diakses pada 30 Mei 1998, namun mulai online dengan sajian lengkap pada 9 Juli 1998. Tanggal 9 Juli itu akhirnya ditetapkan sebagai hari lahir Detikcom yang didirikan Budiono Darsono (eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi. Semula peliputan utama detikcom terfokus pada berita politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Baru setelah situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai membaik, detikcom memutuskan untuk juga melampirkan berita hiburan, dan olahraga.
Dari situlah kemudian tercetus keinginan membentuk detikcom yang update-nya tidak lagi menggunakan karakteristik media cetak yang harian, mingguan, bulanan. Yang dijual detikcom adalah breaking news. Dengan bertumpu pada vivid description macam ini detikcom melesat sebagai situs informasi digital paling populer di kalangan users internet.
Detikcom memiliki alat ukur yang sampai sejauh ini disepakati sebagai ukuran yang mendekati seberapa besar potensi yang dimiliki sebuah situs. Ukuran itu adalah page view (jumlah halaman yang diakses). Page view detikcom sekarang mencapai 3 juta per harinya. sekarang detik..com menempati posisi ke empat tetinggi dari alexa.com untuk seluruh kontent di Indonesia.
Dan Pada 3 Agustus 2011 Para Group mengakuisisi detikcom (PT Agranet Multicitra Siberkom/Agrakom) . Mulai pada tanggal itulah secara resmi detikcom berada di bawah Trans Corpora. Chairul Tanjung.

Tujuan
Tujuan didirikannya detikcom ialah ingin menyajikan informasi yang ter-update setiap jam, menit bahkan detik.

Visi-Misi

a. Visi Detik.com
⧭ Menjadi tujuan utama orang Indonesia untuk mendapatkan konten dan layanan digital, baik melalui internet maupun selular/ mobile.   

b. Misi Detik.com
Memiliki komitmen tinggi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.
⧭Memberikan kesejahteraan kepada karyawan dan menjadi tempat yang baik untuk berkarier.
⧭Memberikan hasil optimal yang berkesinambungan bagi pemegang saham.

Koor Bisnis
Detikcom berada di bawah Trans Corpora. Chairul Tanjung, pemilik Para Group membeli detikcom secara total (100 persen) dengan nilai US$60 juta atau Rp 521-540 miliar. Setelah diambilalih, maka selanjutnya jajaran direksi akan diisi oleh pihak-pihak dari Trans Corpora — sebagai perpanjangan tangan Para Group di ranah media. Dan komisaris Utama dijabat Jenderal (Purn) Bimantoro, mantan Kapolri, yang saat ini juga menjabat sebagai Komisaris Utama Carrefour Indonesia, yang juga dimiliki Chairul Tanjung. Sebelum diakuisisi oleh Para Group, saham detikcom dimiliki oleh Agranet Tiger Investment dan Mitsui & Co. Agranet memiliki 59% saham di Detik.com, dan sisanya dimiliki oleh Tiger 39%, dan Mitsui 2%.

Analisis Perkembangan dari Berdiri Hingga Sekarang
Didorong oleh semangat kewirausahaan dan teknologi, perusahaan ini tumbuh  dengan cepat dimulai dari suatu kesederhanaan menjadi sebuah situs berita yang lengkap  di tahun 2011. Melalui staf yang lebih dari 100 orang di ruang redaksi, perusahaan ini  berusaha menyajikan berita secepat mungkin. Sekarang Detikcom mengakomodir berbagai laporan berita, mulai dari politik, ekonomi, keuangan, bisnis dan pasar modal, hiburan dan olahraga.
Pada Juli 1998 situs detikcom per harinya menerima 30.000 hits (ukuran jumlah pengunjung ke sebuah situs) dengan sekitar 2.500 user (pelanggan Internet). Sembilan bulan kemudian, Maret 1999, hits per harinya naik tujuh kali lipat, tepatnya rata-rata 214.000 hits per hari atau 6.420.000 hits per bulan dengan 32.000 user. Pada bulan Juni 1999, angka itu naik lagi menjadi 536.000 hits per hari dengan user mencapai 40.000. Terakhir, hits detikcom mencapai 2,5 juta lebih per harinya.
Selain perhitungan hits, detikcom masih memiliki alat ukur lainnya yang sampai sejauh ini disepakati sebagai ukuran yang mendekati seberapa besar potensi yang dimiliki sebuah situs. Ukuran itu adalah page view (jumlah halaman yang diakses). Page view detikcom sekarang mencapai 3 juta per harinya. sekarang detik.com menempati posisi ke empat tertinggi dari alexa.com untuk seluruh kontent di Indonesia
Di usia yang ke enam tahun Detikcom terus mengembangkan diri untuk  menyesuaikan perkembangan jaman dan berkompetisi. Saat ini, content berita di  www.detik.com tidak hanya dinikmati lewat tulisan saja, melainkan bisa melalui video (www.20.detik.com).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar